Lakip 2014

  • Dibaca: 383 Pengunjung

BAB II

PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KINERJA

 

 

2.1 RENCANA STRATEGIS 2014 -2018

 

encana strategis (Renstra) adalah dokumen perencanaan jangka menengah (5tahun) yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatansesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban oleh suatu organisasi.Dan secara sistematis mengedepankan isu – isu lokal yang diterjemahkan kedalam bentuk strategis kebijakan dan rencana pembangunan yang terarah, efektif dan berkesinambungan sehingga dapat diimplementasikan secara bertahap sesuai dengan skala prioritas dan kemampuan anggaran pembiayaan.Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Klungkung Tahun 2014-2018 merupakan dokumen perencanaan strategis yang dalam implementasinya, rencanastrategis 2014-2018 yang telah disusun seoptimalmungkin dijabarkan mengacu pada RPJMD Kabupaten Klungkung Tahun 2014-2018.

2.1.1 Visi

Sebagai suatu pernyataan yang menggambarkan tujuan dan cita-citayang ingindiwujudkan di masa yang akan datang agar Pemerintah Kecamatan Klungkungbisa tetap eksis, antisipatif, responsif dan berwibawa menghadapi dinamika lingkungan strategis baik global, nasional maupun lokal, maka Pemerintah Kecamatan Klungkungmenetapkan visi sebagai berikut:

Terwujudnya Pelayanan Prima Di Kecamatan Klungkung Menuju Masyarakat Yang Unggul Dan Sejahtera Tahun 2018

Visi tersebut mengandung makna Kecuali pertimbangan tersebut diatas, visi ini juga ditetapkan atas kesadaran bahwa pertimbangan hakiki dibentuknya suatu pemerintahan adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

2.1.2 Misi

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, maka perlu dituangkan dalam bentuk misi yang dapat memberikan arah, tujuan yang ingin dicapai dan memberikan fokus terhadap program yang akan dilaksanakan serta untuk menumbuhkan partisipasi semua pihak. Misi Kecamatan Klungkung sebagai berikut :

1.   Mewujudkan pemerintahan yang baik berdasarkan prinsip good cooporate governance.

2.   Menyelenggarakan pelimpahan sebagian wewenang Bupati bidang perizinan dan non perizinan untuk mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat;

3.   Meningkatkan sarana dan prasarana dalam rangka mengembangkan jasa layanan kepada masyarakat;

4.   Meningkatkan profesionalisme aparatur melalui bimbingan, pendidikan dan pelatihan;

5.   Mewujudkan pemerintahan yang baik berdasarkan prinsip good cooporate governance.

2.1.3 Tujuan

Tujuan merupakan pengejawantahan visi dan misi yang telah ditetapkan,serta berorientasi pada operasionalisasi visi dan misi. Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi, yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu satu sampai dengan lima tahun, yang tercermin dalam tujuan strategis sebagai berikut :

1.   Meningkatkan penyelenggaraan pembinaan dan fasilitasi pemerintahan desa/kelurahan melalui pembangunan wilayah dan kemasyarakatan;

2.   Terselenggaranya pelaksanaan pelimpahan wewenang oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah;

3.   Meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan kesehatan masyarakat;

4.   Terwujudnya pelayanan kepada masyarakat yang handal dan profesional;

5.      Terselenggaranya tugas umum pemerintahan dalam koordinasi, pembinaan dan pelayanan masyarakat.

 

2.1.4 SasaranStrategis

Sasaran strategis merupakan penjabaran lebih lanjut dari tujuan, yangdirumuskan secara spesifik dan terukur untuk dapat dicapai dalam kurunwaktu lebih pendek dari tujuan,yang realistis dan dapat diukur pencapaiannya berdasarkan indikator kinerja tertentu yang disebut indikator kinerja sasaran. Adapun sasaran yang ingin dicapai Kecamatan Klungkung  adalah:

1.    Terselenggaranya tugas umum pemerintahan dalam koordinasi, pembinaan dan pelayanan masyarakat;

2.     Terwujudnya pelayanan publik masyarakat serta pelayanan perijinan dan non perijinan;

3.    Meningkatnya pendapatan ekonomi serta kualitas dan efektifitas usaha kesejahteraan sosia;

4.    Meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat;

5.    Meningatnya mutu pendidikan dan kualitas manajemen pendidikan;

6.    Meningkatnya pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat;

7.    Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang profesional.

 

2.1.5 Strategi Pencapaian Tujuan dan Sasaran

Strategi adalah langkah-langkah tindakan yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan. Strategi yang berupa kebijakan dan program tersebut antara lain:

1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendukung pelayanankepada masyarakat termasuk perangkat perundang-undangan;

2.  Meningkatkan jenis pelayanan publik yang berbasis teknologi informasi;

3.    Meningkatkan percepatan pembangunan sarana dan prasarana umum wilayah;

4.    Meningkatkan indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui peningkatan pelayanan kesehatan;

5.   Meningkatkan status kesehatan jasmani dan rohani bagi masyarakat dan pengembangan model reward bagi prestasi olahraga;

6.   Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam memecahkan masalah dalam upaya penanggulangan kemiskinan di daerah melalui : pemenuhan pelayanan dasar bagi masyarakat miskin, pendampingan pengembangan usaha ekonomi produktif bagi masyaakat miskin dan pengembangan infrastruktur;

7.   Meningkatkan partisipasi keluarga dalam pembinaan tumbuh kembang anak, remaja dan lansia.

 

2.2.6 Programdan Kegiatan :

 

Program

Kegiatan

1.  Pelayanan Administrasi Perkantoran

1. Penyediaan jasa komunikasi sumber daya air dan listrik

2.    Penyediaan jasa administrasi keuangan

3.    Penyediaan alat tulis kantor

4.    Penyediaan barang cetakan dan penggandaan

5.    Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor

6.    Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor

7.    Penyediaan bahan logistik kantor

8.   Penyediaan makanan dan minuman

9.     Rapat – rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah

10.  Penyediaan jasa tenaga pendukung administrasi/teknis perkantoran

 

2. Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

1. Pengadaan kendaraan dinas/operasional

2. Pengadaan perlengkapan gedung kantor

3. Pengadaan meubeluer

4. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor

5. Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional

6. Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor

3. Peningkatan Pelayanan Kedinasan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah

1. Dialog/audensi dengan tokoh-tokoh masyarakat,pimpinan/anggota organisasi sosial dan kemasyarakatan

4. Penataan Administrasi Kecamatan

1. Peningkatan pelayanan masyarakat dalam bidang kependudukan

2. Pembinaan administrasi kependudukan dan perizinan

3. Pembinaan Lomba UKS

4. Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa

 

5.Pembinaan Lomba Desa Terpadu dan Penilaian Pelaksanaan Tugas-tugas Kepala Daerah

 

5. Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Kecamatan

1. Penyelenggaraan Musrenbang Tingkat Kecamatan

 

 

 

2.2  PERJANJIAN KINERJA

Perjanjian Kinerja merupakan suatu dokumen pernyataan kinerja/kesepakatan kinerja / penetapan kinerja antara atasan dan bawahan untuk mewujudkan target yang ingin dicapai berdasarkan sumber daya alam yang dimiliki dengan memperhatikan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana stratejik. Penetapan kinerja yang ingin dicapai Kecamatan Klungkung tahun 2014 ditetapkan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang efektif, akuntabel adalah sebagai berikut :

 

No

Sasaran

 

Indikator

Satuan

Target

I

Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang profesional, transparan, akuntabel dan partisipatif

1

Persentase rata-rata output sebesar kegiatan 95%

%

100

 

 

2

Persentase terpenuhinya sarana dan prasarana kantor

%

85

 

 

3

Persentase usulan Musrenbangcam yang terakomodir dalam RKPD

%

100

II

 

 

 

 

 

Meningkatnya pelayanan aparatur pemerintahan kepada masyarakat dengan menerapkan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik

 

4

Persentase penurunan jumlah kamtibnas pada perayaan hari raya dan tahun baru

%

25

 

 

5

Persentase desa yang tertib

%

44

 

 

administrasi

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Dibaca: 383 Pengunjung